Jutaan orang tidak menyadari bahwa mereka telah menyerahkan privasi mereka secara sukarela kepada perusahan-perusahaan teknologi. Layanan-layanan yang kita gunakan sehari-hari, seperti Google atau Facebook, tanpa kita sadari sangat haus data-data perilaku kita di dunia maya, seperti sesuatu yang sedang kita butuhkan, apa saja yang kita cari sebelum memutuskan membeli, dan lain-lain. Untuk apa? Tentu saja untuk keperluan iklan. Sedikit dari kita sudah sadar, aware, dengan keamanan privasi tersebut dan mulai menggunakan VPN. Lewat artikel ini akan coba kami berikan rekomendasi VPN terbaik untuk kamu.

Apa sih VPN itu? Secara singkat VPN adalah perantara/pihak ketiga yang melindungi data kamu dari pihak-pihak yang memiliki kepentingan. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mimilih VPN terbaik yang bisa mengamankan data-data kita dari pihak-pihak tersebut. Coba deh lihat gambar berikut untuk lebih jelasnya.

Lalu apa saja sih keuntungan menggunkan VPN?

  1. Melindungan data-data pribadi kamu
  2. Mencegah hacker-hacker nakal mencuri data kamu
  3. Menambah lapisan keamanan adalah hal yang baik karena mencegah itu lebih murah daripada menangani akibat
  4. Membuka situs yang dibatasi wilayah, seperti Netflix yang tidak bisa dibuka di Indonesia

Mulai tertarik? Iya kaaaan…

Cara Memilih VPN Terbaik

Coba deh kamu cara “VPN” di Google, sudah pasti akan banyak pilihan yang membuat kamu bingung. Karena itu, berikut beberapa aspek yang bisa kamu pertimbangkan untuk memilih VPN.

Servers. Semakin banyak pilihin server (pilihan negara) yang disediakan oleh layanan VPN maka semakin baik karena kamu jadi leluasa kan pindah-pindah VPN.

Harga. Tidak bisa diragukan lagi kalau untuk layanan yang berbayar kamu pasti kasih perhatian lebih soal harga. Memang baik mendapat kualitas bagus dengan harga murah, tapi inget yaa yang too good to be true itu kadang menyesatkan. Bisa aja kan penyedian layanan VPN murah tersebut malah jual data-data kamu. Kamu harus tahu kalau menyediakan layanan VPN itu butuh beli server dan harganya tidaklah murah.

Kecepatan. Pada dasarnya kecepatan ini berkaitan dengan letak geografis. Misal nih, dari Indonesia, kamu akan dapat kecepatan lebih baik ketika memilih server Singapura daripada US.

Kemudahan. Beberapa layanan VPN menargetkan perusahaan sehingga layanannya kompleks dan sulit dimengerti, namun beberapa layanan lainnya mudah dimengerti karena target pasarnya pengguna awam atau individu. Beberapa layanan memiliki banyak fitur dan beberapa yang lain tidak. Jadi, pilihlah sesuai kebutuhan.

Dukungan Perangkat. Tetep yaa sesuai kebutuhan, tapi kalau perangkat kamu banyak lebih baik pilih layanan VPN terbaik yang mendukung banyak platfrom, Mac, Windows, Android, iPhone, dan lain-lain.

Tips:

Jangan malas baca Privacy Policy dari layanan VPN pilihanmu dan pastikan mereka tidak menyimpan segala macam log dari aktivitasmu. Syarat Mutlak.

Sampai sini udah siap yaa baca pilihan VPN terbaik 2020 versi Termantul.

VPN Terbaik dalam Keamanan : NordVPN

Soal keamanan NordVPN bisa kamu pertimbangkan sebagai pilihan nomer wahid. Mengapa? Disamping layanan ini terbaik secara keseluruhan. layanan ini memiliki fitur Double VPN. Apa itu Double VPN? Fitur ini memberikan keamanan ekstra dengan melakukan proteksi dua kali pada data kamu, double encryption.

VPN yang Mudah Digunakan : ExpressVPN

Sebagai salah satu layanan yang paling terkenal, ExpressVPN sesuai namanya tergolong layanan yang paling mudah digunakan. Tinggal download dan install, pilih negara server, kemudian klik connect, selesai.

VPN dengan Harga Terjangkau : PureVPN

Layanan ini menyediakan layanan VPN esensial dengan server lebih dari 140 negara namun bisa memberikan harga yang tetap terjangkau. Kamu bisa pertimbangkan layanan ini jika anggaran kamu terbatas.

VPN Terbaik dan Tercepat : Hotspot Shield

Untuk sebagian orang layanan VPN dengan tingkat keamanan tertinggi adalah yang terpenting, namun ada sebagian lain yang berpikiran kalau aspek kecepatan tidak bisa diabaikan. Hotspot Shield memberikan layanan dengan kecepatan terbaik. Walaupun kita tahu bahwa kecepatan sebuah VPN tergantung pada kemampuan server dan letaknya secara geofrafis, namun Hotspot Shield telah berhasil mengimplementasi sebuah protokol khusus yang diberi nama Catapult Hydra yang mampu mengoptimalkan segala macam isu kecepatan.

Gimana udah nemu yang sesuai? Selamat memilih. Oiya, buat pengguna Macbook ada rekomendasi lain nih kalau emang belum cocok sama pilihan di atas.

Aplikasi VPN Serbaguna : Shimo

Kalau yang ini hanya VPN Client ya, artinya apa? Artinya kamu harus punya akun VPN dulu. Keunggulan dari Shimo adalah mendukung banyak protokol VPN seperti OpenVPN dan memiliki fitur multiple connection. Maksudnya apa? Kamu bisa terhubung ke beberapa VPN server sekaligus tergantung dari situs tujuan kamu. Menarik kan.

Author

Perfection-obsessed Software Engineer.

Write A Comment

Pin It